FGD PENYUSUNAN RENSTRA, RENOP, DAN PERANGKAT FEBI IAIN KEDIRI

0

Bertempat di ruang pertemuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kediri, selama dua hari Selasa-Rabu (23-24/4) diadakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Rencana Strategis (Renstra), Rencana Operasional (Renop), dan Perangkat Fakultas. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pejabat dan staf FEBI IAIN Kediri yang berjumlah 17 orang.

 

Pada hari pertama dilakukan pembahasan Renstra Fakultas dan Rencana Operasional-nya. Penyusunan Renstra Fakultas tersebut mengacu kepada Renstra IAIN Kediri, diawali dengan penyusunan visi, misi, tujuan, dan motto Fakultas. Dari diskusi dihasilkan visi FEBI IAIN Kediri, yaitu “Unggul dalam keilmuan ekonomi Syariah di tingkat Asia Tenggara dengan memiliki tanggung jawab sosial yang mengintegrasikan nilai-nilai moderasi Islam dan keindonesiaan pada tahun 2035” dengan motto Fakultas: “Visioner, Integritas, Profesionalitas, Inovatif, dan Responsif”.

 

Permasalahan strategis yang dituangkan dalam Renstra FEBI IAIN Kediri meliputi: mutu akademik, manajemen dan tata kelola, sumber daya manusia, budaya akademik, infrastruktur dan pendanaan, serta kerjasama. Dalam Renstra juga memuat analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dari masing-masing sasaran secara internal maupun eksternal, selanjutnya dirumuskan program kerja yang direncanakan disertai indikator dan target waktu pelaksanaan.

 

Pada hari kedua fokus pada penyusunan perangkat Fakultas, yaitu Pedoman Akademik dan Tata Kelola FEBI IAIN Kediri, terdiri dari: struktur organisasi meliputi pimpinan Fakultas, pelaksana akademik, pelaksana administrasi, dan tenaga pengajar dengan disertai tugas dan kewajiban masing-masing; sistem akademik yang mencakup Sistem Kredit Semester (SKS), perkuliahan, praktikum, penulisan skripsi, dan sistem evaluasi; sistem administrasi akademik yang mengatur tentang pelayanan mahasiswa, masa studi, gugur studi, cuti studi, mutasi studi, wisuda, dan ijazah; serta profil lulusan, kurikulum, dan pemetaan mata kuliah untuk setiap Program Studi.

 

Adanya Renstra dan Renop Fakultas ini diharapkan dapat memberikan arah dalam melakukan perencanaan program kerja, pelaksanaan, dan evaluasinya. Adapun dengan disusunnya Pedoman Akademik dan Tata Kelola Fakultas diharapkan dapat memberikan kesamaan langkah bagi dosen, karyawan, mahasiswa, maupun stakeholder dalam melaksanakan kegiatan akademik dan administrasi. (febiiainkediriofficial)

About author

No comments