Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kediri lahir bersamaan dengan berdirinya IAIN Kediri. IAIN Kediri merupakan perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, yang mulai berdiri sejak terbitnya Surat Keputusan Presiden RI Nomor: 26 Tahun 2018. Perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi menjadi Institut dilakukan untuk memenuhi tuntutan perkembangan masyarakat, sekaligus dalam rangka memperluas kajian rumpun ilmu keislaman. Untuk penataan organisasi, kepegawaian, anggaran, dan kegiatan lainnya terkait proses alih bentuk tersebut, telah dikeluarkan Peraturan Menteri Agama RI Nomor: 32 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja IAIN Kediri, yang menyebutkan bahwa IAIN Kediri terdiri atas 4 (empat) Fakultas, yaitu Tarbiyah, Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Ushuluddin dan Dakwah.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kediri terdiri atas 2 (dua) Program Studi, yaitu Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Sebelumnya saat masih menjadi STAIN Kediri, kedua Program Studi ini berada di bawah Jurusan Syariah. Program Studi Ekonomi Syariah mulai menerima mahasiswa baru pada Tahun Akademik 2001/2002 dan dibuka berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI Nomor: E/261/2001 tanggal 30 Oktober 2001. Adapun Program Studi Perbankan Syariah dibuka berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor: 3544 Tahun 2016 tanggal 22 Juni 2016 dan mulai menerima mahasiswa baru pada Tahun Akademik 2016/2017.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kediri menyelenggrakan pendidikan akademik pada Program Sarjana (Level 6) untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kerja dalam bidang ekonomi dan bisnis Islam sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 8 Tahun 2012. Gelar akademik yang diberikan kepada alumnus Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah adalah Sarjana Ekonomi (S.E.) sesuai dengan Peraturan Menteri Agama RI Nomor: 38 Tahun 2017. Pada Tahun Akademik 2018/2019, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kediri memiliki jumlah mahasiswa tidak kurang dari 2000 (dua ribu) mahasiswa yang berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia.