EKSPLORASI BISNIS SYARIAH DAN PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA FEBI IAIN KEDIRI

0

Untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada mahasiswa dan agar mereka dapat terus mengembangkan diri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kediri melakukan kegiatan “Eksplorasi Bisnis Syariah dan Pengembangan Diri Mahasiswa”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Program Studi Ekonomi Syariah pada Kamis (2/5), bertempat di Aula Lantai 4 IAIN Kediri, diikuti oleh lebih dari 200 mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah.

 

Acara ini menghadirkan narasumber Andri Firmansyah, Developer Bisnis Properti Syariah Surabaya dan Direktur Marketing PT Mandiri Madani Bersama. Tema yang disajikan olehnya adalah “Inovasi Bisnis Syariah Generasi Milenial di Era Industri 4.0”. Acara dipandu oleh moderator, Binti Mutafarida, SE, MEI, Dosen FEBI IAIN Kediri.

 

Dalam paparannya, narasumber menjelaskan tiga inovasi bisnis yang dapat dilakukan di era industri 4.0, yaitu bisnis solusi, bisnis inovasi, dan bisnis sosial entrepreneur. Selain itu, ia juga menjelaskan potensi bisnis properti dan konsep properti Syariah. Untuk menumbuhkan jiwa bisnis, terutama bisnis properti, narasumber ingin menghilangkan mitos yang berkembang di masyarakat terkait bisnis properti, di antaranya bahwa  bisnis properti itu bersifat eksklusif, bisnis properti itu harus dengan modal besar atau dengan modal dari bank, dan bisnis properti identik dengan high skill maupun high risk.

 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para mahasiswa memahami cara berbisnis properti dengan pola kemitraan sesuai dengan akad mudharabah. Selanjutnya, mereka dapat memiliki peluang dan menekuni bisnis pada sektor properti yang bisa mendatangkan keuntungan melimpah, namun tetap didasari dengan prinsip-prinsip Syariah. (febiiainkediriofficial)

About author

No comments