ASESMEN LAPANGAN BAN-PT PADA DUA PROGRAM STUDI FEBI IAIN KEDIRI

0

Pada Rabu (29/5), Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi pada dua program studi S-1 yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kediri, yaitu Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah. Untuk Program Studi Ekonomi Syariah, dua orang Tim Asesor yang ditugaskan oleh BAN-PT adalah Dr. Anton Bawono, SE, M.Si. dari IAIN Salatiga dan Dr. Euis Amalia, M.Ag. dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Adapun Tim Asesor yang ditugaskan oleh BAN-PT untuk Program Studi Perbankan Syariah adalah Dr. Slamet Haryono, SE, M.Si., Ak., CA dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Dr. Agus Purwanto, SE, M.Si., Akt. dari Universitas Diponegoro Semarang.

 

Kedatangan Tim Asesor BAN-PT tersebut disambut oleh sejumlah mahasiswa FEBI IAIN Kediri sebelum masuk ke ruang acara. Selanjutnya diadakan acara opening ceremony sekaligus ucapan selamat datang dari Rektor IAIN Kediri dengan didampingi Dekan FEBI IAIN Kediri. Dalam acara ini, hadir pula para Wakil Rektor, Dekan di lingkungan IAIN Kediri, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Kepala Perpustakaan, dan sejumlah tamu undangan lainnya. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alqur’an, dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars IAIN Kediri, kemudian sambutan dari Rektor IAIN Kediri, sambutan dari salah satu Tim Asesor, serta ditutup dengan do’a.

 

Rektor IAIN Kediri, Dr. H. Nur Chamid, MM, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Kampus IAIN Kediri kepada para Asesor BAN-PT dan terima kasih karena dalam kondisi berpuasa bulan Ramadhan masih sanggup melaksanakan tugas di FEBI IAIN Kediri. Sementara itu, Dr. Euis Amalia, M.Ag. mewakili Tim Asesor dalam sambutannya menyampaikan bahwa asesmen lapangan dilakukan BAN-PT bukan untuk investigasi, melainkan untuk konfirmasi dan memastikan bahwa apa yang ditulis dalam Borang dan Evaluasi Diri yang telah dikirimkan ke BAN-PT merujuk kepada bukti dokumen yang ada.

 

Kegiatan asesmen lapangan tersebut berlangsung sehari penuh, mulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB, bertempat di Kampus FEBI IAIN Kediri. Pada akhir kegiatan asesmen lapangan, Tim Asesor menyampaikan hasil dan memberikan rekomendasi untuk ditindaklanjuti oleh Fakultas maupun Program Studi. Dekan FEBI IAIN Kediri, Dr. H Imam Annas Mushlihin, MHI, berharap bahwa kerja keras dalam mempersiapkan akreditasi sampai dilakukan asesmen lapangan oleh Tim Asesor BAN-PT mendatangkan hasil sebagaimana yang diharapkan. “Mudah-mudahan kedua program studi mendapatkan peringkat akreditasi B, atau kalau tidak B mendapatkan peringkat akreditasi A,” kata beliau dalam sambutannya. Menurut Tim Asesor BAN-PT, hasil akreditasi akan keluar seminggu setelah dilakukan asesmen lapangan. Hasil akreditasi dikeluarkan oleh BAN-PT dan diharapkan dapat memacu para civitas akademika untuk makin meningkatkan kualitas pendidikan dan beragam sarana pendukung pendidikan. (febiiainkediriofficial)

About author

No comments