PENINJAUAN PEDOMAN PENULISAN KARYA ILMIAH FEBI IAIN KEDIRI

0

Pada Senin (6/5) bertempat di ruang pertemuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kediri diadakan peninjauan Buku Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Acara ini menghadirkan Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA, M.Phil, Ph.D dari UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai narasumber. Adapun peserta kegiatan sebanyak 30 orang, terdiri dari pejabat Fakultas dan para Dosen Pembimbing Skripsi. Acara ini dilaksanakan sebagai wujud realisasi dari masukan berbagai pihak mengenai penulisan skripsi, pelaksanaan ujian munaqasyah, dan publikasinya. Tujuan kegiatan adalah untuk menghasilkan Buku Pedoman Penulisan Karya Ilmiah yang sesuai dengan bidang keilmuan yang dikembangkan oleh Fakultas.

 

Beberapa masukan dari narasumber di antaranya adalah buku pedoman harus bersifat konkret dan operasional, serta revisi buku pedoman dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai perkembangan baru dan kelayakan penulisan karya ilmiah. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah adalah pemahaman konsep plagiarisme dan diterapkannya similarity checking. Selain itu, penyusunan buku pedoman juga perlu mempertimbangkan respon karya ilmiah di era digital dan respon panduan penyusunan karya ilmiah terhadap penelitian integrasi keilmuan.

 

Setelah kegiatan ini selesai dilaksanakan, diharapkan dapat disusun Buku Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi, Artikel, dan Laporan Penelitian) sebagai pedoman bagi dosen dan mahasiswa dalam menulis dan publikasi karya ilmiah mereka. Adanya Buku Pedoman tersebut terutama dimaksudkan untuk memberikan kesamaan arah dalam melakukan pembimbingan maupun penulisan karya ilmiah, baik di kalangan dosen maupun mahasiswa FEBI IAIN Kediri. (febiiainkediriofficial)

About author

No comments