PELATIHAN e-UMKM BAGI MAHASISWA FEBI IAIN KEDIRI

0

Untuk melakukan pemasaran secara on line produk usaha mikro, kecil, dan menengah telah dibuat aplikasi android, yaitu e-UMKM. Aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan UMKM dalam pemasaran produk dan dapat meningkatkan peran ekonomi UMKM. Apalagi kebanyakan UMKM mengalami keterbatasan finansial untuk melakukan pemasaran secara konvensional di tempat yang strategis, sehingga aplikasi e-UMKM menjadi salah satu alternatif yang murah bagi pemasaran produk UMKM.

 

Untuk membekali soft skill mahasiswa terkait pemasaran on line dengan menggunakan e-UMKM, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kediri melakukan kegiatan “Pelatihan e-UMKM untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Program Studi Ekonomi Syariah pada Senin (22/4), bertempat di Aula Lantai 4 IAIN Kediri, diikuti oleh lebih dari 200 mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah.

 

Acara ini menghadirkan dua narasumber. Narasumber pertama, Fuad Chandra Agustiono, SP dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Tenaga Kerja Kota Kediri yang menyajikan materi “Kebijakan Bisnis On Line dan Dampaknya Bagi Peningkatan Pemasaran Produk UMKM”. Adapun narasumber kedua, Rofik Efendi, S.Kom, MM adalah praktisi Informasi Teknologi (IT) dan dosen FEBI IAIN Kediri yang menyajikan materi “Menangkap Peluang Usaha Bisnis On Line Inovatif dan Kreatif untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM”. Acara dipandu oleh moderator, Dijan Novia Saka, SE, MM, Dosen FEBI IAIN Kediri.

 

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para mahasiswa dan pegiat UMKM menjalankan pemasaran produk mereka dengan memanfaatkan e-UMKM. Hal ini karena di era revolusi industri 4.0, penggunaan internet berbasis aplikasi untuk pengadaan bahan baku maupun pemasaran mutlak dibutuhkan. (febiiainkediriofficial)

About author

No comments