Workshop Penyusunan Kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) IAIN Kediri

Selama dua hari, Tim dari FEBI mengikuti acara Workshop Penyusunan Kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) dengan pemateri Dr. H. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si dan Dr. Epha Diana Supandi, S.Si., M.Sc dari Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Kediri, di aula Rektorat Lantai IV.

Kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) adalah pendekatan dalam penyusunan kurikulum yang menempatkan fokus utama pada hasil yang diharapkan dari pembelajaran. Dalam kurikulum berbasis OBE, tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur ditetapkan terlebih dahulu, dan kemudian proses pembelajaran dirancang untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Konsep utama dari kurikulum berbasis OBE adalah setiap program pendidikan harus diarahkan untuk menghasilkan hasil yang konkret dan terukur pada tingkat pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai. Ini berarti bahwa pembelajaran tidak hanya berkutat pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada penguasaan keterampilan praktis dan perkembangan sikap yang diinginkan.

Salah satu keunggulan dari kurikulum berbasis OBE adalah memungkinkan pendidik dan pembuat kebijakan untuk lebih fokus pada apa yang benar-benar ingin dicapai oleh siswa, daripada hanya memusatkan perhatian pada materi pembelajaran. Dengan menetapkan tujuan-tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur, evaluasi pembelajaran juga dapat dilakukan secara lebih efektif untuk mengukur sejauh mana siswa telah mencapai hasil yang diinginkan.

Kegiatan dilakukan secara lancar, dan ditutup oleh Warek 1, dengan tagihan dokumen tiap program studi satu bulan mendatang.

adminFEBI/wild

About author