PENGEMBANGAN PUBLIC SPEAKING MAHASISWA FEBI IAIN KEDIRI

0

Ada kalimat motivasi mengatakan bahwa setiap profesi dituntut untuk memiliki kemampuan hard skill yang khusus, tetapi soft skill merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap profesi. Dalam upaya menyeimbangkan penguasaan kemampuan hard skill dan soft skill mahasiswa sebagai bekal menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompetitif, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Kediri melakukan kegiatan “Pengembangan Public Speaking Mahasiswa” dengan mengusung tema “Soft Skill Awareness: Public Speaking and Self Development for Millenial Generation in Islamic Banking”.

 

Acara ini dilaksanakan oleh Program Studi Perbankan Syariah pada Selasa (30/4), bertempat di Aula Lantai 4 IAIN Kediri, dengan menghadirkan dua narasumber yang expert di bidang public speaking dan perbankan Syariah. Narasumber pertama,  Hj. Nur Cita Qomariyah, M.Kom.I adalah Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya, Trainer Public Speaking, Presenter JTV, TV 9, BIOS TV, dan beberapa televisi nasional lainnya, mengupas sisi public speaking dan pengembangan diri mahasiwa secara umum. Adapun narasumber kedua, R. Wahyu Tedjasukmana, ST adalah Pimpinan Bank Jatim Syariah Cabang Kediri, membahas peran dan pentingnya public speaking dalam dunia perbankan Syariah. Acara dipandu oleh moderator, Ali Samsuri, MEI, Dosen FEBI IAIN Kediri dan Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Kediri.

 

Kegiatan ini telah berhasil menggabungkan antara public speaking sebagai kebutuhan pengembangan diri mahasiswa dan public speaking sebagai sebuah tuntutan yang wajib dimiliki oleh mahasiswa di dunia kerja (khususnya bidang perbankan dan ekonomi Syariah). Antusiasme mahasiswa untuk mengikuti acara ini dapat terlihat dari data registrasi melaui media google form, di mana jumlah mahasiswa yang mendaftarkan diri sebanyak 287 mahasiswa dan melebihi batas kuota 200 Mahasiswa. Hal ini membuktikan bahwa kegiatan bertema peningkatan soft skill semakin banyak digandrungi dan dibutuhkan oleh mahasiswa. (febiiainkediriofficial)

About author

No comments